Penelitian ini berawal dari permasalahan anak tunanetra kelas VII SLBN padangsidimpuan belum paham dalam pelajaran IPA yang berhubungan dengan ekosistem. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi ekosistem menggunakan metode outdoor learning pada siswa tunanetra kelas VII di SLBN padangsidimpuan. Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah jenis desain penelitian yang penulis terapkan. Data dikumpulkan dengan melihat bagaimana sesuatu dilakukan; didokumentasikan, kemudian diproses secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian, nilai didapat MH pertemuan satu sampai empat: 40%, 45%, 45%, dan 50%, JH mendapat nilai 45%, 50%, 55%, dan 60% dan AR mendapat nilai 45%, 50%, 55%, dan 65%. Sedangkan pada siklus II dari pertemuan satu sampai empat nilai yang diperoleh MH 60%, 70%, 85%, dan 95%, JH 70%, 75%, 90%, dan 100% dan AR mendapat nilai 70%, 80%, 90%, dan 100%. Maka penulis menyimpulkan bahwa metode outdoor learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi ekosistem pada siswa tunanetra kelas VII di SLBN padangsidimpuan
Copyrights © 2023