Serupa : The Journal of Art Education
Vol 12, No 1 (2023)

PEMBELAJARAN SENI GRAFIS CETAK TINGGI DENGAN MOTIF FAUNA KELAS IX DI SMP NEGERI 29 PADANG

Ruci Wibowo (Universitas Negeri Padang)
Yofita Sandra (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran seni grafis cetak tinggi dengan motif fauna kelas IX di SMP Negeri 29 Padang. Jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan dengan kata-kata apa yang sedang diteliti. Adapun prosedur pengumpulan data yaitu observasi bagaimana pelaksanaan pembelajaran seni grafi cetak tinggi dengan motif fauna kelas IX di SMP Negeri 29 Padang, kemudian dari wawancara kepada pihak yang terkait, dokumentasi serta angket sebagai pengumpulan data dalam proses pembelajaran seni grafis cetak tinggi dengan motif fauna kelas IX di SMP Negeri 29 Padang. Hasil penelitian pada proses pembelajaran seni grafis cetak tinggi dengan motif fauna di kelas IX SMP Negeri 29 Padang tidak semua yang dilaksanakan berkaitan pada rancangan pembelajaran yang telah disusun oleh tenga pendidik. Saat belajar, kebanyakan dari peserta didik belum mampu berkarya seni grafis cetak tinggi dengan motif fauna karena minimnya waktu dan alat yang disediakan oleh sekolah. Hal ini dibuktikan pada rekap nilai pembelajaran seni grafis yang diberikan oleh guru. Rendahnya nilai yang didapakan pada semester lalu, peserta didik diuji kembali pemahamannya tentang proses pembelajaran seni grafis cetak tinggi dengan motif fauna di semester sekarang dengan melalui angket. Namun demikian respon peserta didik memperlihatkan bahwa pelaksanaan pembelajaran seni grafis cetak tinggi dengan motif fauna termasuk dalam kategori “Baik”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

serupa

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Serupa: The Journal of Art Education menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang isu-isu terkini dan utama yang berhubungan dengan studi pendidikan maupun seni rupa. Jurnal ini menyediakan tempat bagi para peneliti dan praktisi pendidikan dan seni rupa untuk berdiskusi, mengejar dan ...