Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 3 (2021): September - Desember 2021

Analysis of understanding mathematics concepts of junior high school students on the subject of coordinate systems

Rini Ariyanti (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan)
Rolina Amriyanti Ferita (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan)
Farid Hidayat (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep matematika siswa SMP pada pokok bahasan sistem koordinat, dan dilaksanakan di SMPN 1 Gambut tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII H yang berjumlah 28 orang yang kemudian dipilih sembilan orang dengan pembagian masing-masing tiga siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan kemampuan akademik siswa tersebut. Data penelitian diperoleh dari lembar tes tertulis jenis uraian yang sudah divalidasi dan hasil wawancara. Dari tujuh indikator pemahaman konsep yang dibuat kemudian dianalisis agar diperoleh gambaran konsep matematika mana yang sudah dikuasai dan yang belum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan akademik tinggi belum menguasai tentang memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, siswa berkemampuan akademik sedang belum menguasai tiga indikator selain indikator yang sama dengan siswa berkemampuan akademik tinggi yaitu tentang mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai konsepnya, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah, sedangkan siswa berkemampuan akademik rendah belum menguasai satu indikator tambahan selain seperti siswa berkemampuan akademik sedang yaitu tentang menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project or literature review in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in ...