EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis
Vol 8, No 1 (2023): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis

Analisis Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Mahasiswa Universitas Pamulang di Masa Pandemi Covid-19

Haidilia Maharani (Universitas Pamulang)
Derizka Inva J (Universitas Pamulang)
R.R. Mardiana Yulianti (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang dirasakan mahasiswa Universitas Pamulang terhadap kebijakan pembelajaran jarak jauh/daring dan untuk mengetahui dampak mana yang paling dominan, apakah dampak positif atau dampak negatif. Metode penelitian yang dipilih untuk penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian ilmiah yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena dalam konteks sosial secara alamiah dengan mengedepankan proses interaksi komunikasi yang mendalam antara peneliti dengan fenomena yang diteliti Adapun metode pemilihan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara serta observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dampak yang paling dirasakan oleh mahasiwa atas kebijakan pembelajaran jarak jauh/daring adalah dampak negatif, yaitu materi yang disampaikan dosen kurang optimal diserap atau dimengerti dan mahasiswa merasakan gangguan pada mata karena selalu menatap layar HP dalam jangka waktu yang lama. Kata Kunci : Pembelajaran jarak jauh; dampak pembelajaran jarak jauh; pandemi Covid-19

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Eduka

Publisher

Subject

Description

Jurnal Eduka (Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis) is focused in field education, law and business. ...