JISPE Journal of Islamic Primary Education
Vol. 1 No. 1 (2020): JISPE Journal of Islamic Primary Education

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Desi Setiyadi (Institut Daarul Qur'an Jakarta)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gaya belajar pada sekolah dasar. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian berada di kelas IV SDN Mandirancan, Gugus Ahmad Dahlan Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data yaitu angket gaya belajar, dokumentasi, dan wawancara kepada 9 siswa yang terdiri dari 3 siswa dari setiap gaya belajar siswa. Gaya belajar yang digunakan yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian di mulai dengan memberikan angket gaya belajar, kemudian memberikan tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawamcara. Keabsahan data menggunakan triangulasi dan teknik analisis yang digunakan berupa reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Gaya belajar visual mampu menyelesaikan masalah sampai tahap akhir. 2) Gaya belajar auditori mampu sampai tahap melaksanakan rencana menyelesaikan masalah, namun kurang mampu tahap melihat atau mengecek kembali. 3) Gaya belajar kinestetik mampu sampai tahap melaksanakan rencana menyelesaikan masalah, namun tidak mampu tahap melihat atau mengecek kembali.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jispe

Publisher

Subject

Education Other

Description

JISPE Journal of Islamic Primary Education is an electronic journal published by The Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Institut Daarul Quran Jakarta Indonesia, The JISPE journal is dedicated to the study of Madrasah Ibtidaiyah education or Basic Education which focuses on and covers the ...