Islamic Education
Vol. 1 No. 1 (2021)

Model Bimbingan Pribadi Sosial yang Diterapakan di MIN Yogyakarta II dan MI Ma’had Islamy Yogyakarta

Fajar Nur Rohmad (PKBM Al Islam Giwangan)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model bimbingan pribadi sosial yang diterapakan di MIN Yogyakarta II dan MI Ma’had Islami Yogyakarta. Sehingga dapat diketahui karakter yang diberikan oleh guru kelas dalam melakukan bimbingan. Dengan demikian dapat diketahui rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana model bimbingan dan karakter guru kelas dalam melakukan bimbingan pribadi sosial yang diterapakan di MIN Yogyakarta II dan MI Ma’had Islami Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yaitu data-data hasil bersumber dari lapangan. Sifat penelitian adalah kualitatif yakni penelitian sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan. Hasil yang didapat adalah adanya guru pembimbing. Jika di MIN Yogyakarta II apabila wali kelas belum bisa menyelesaikan permasalahan yang dialami siswa. Madrasah menunjuk beberapa guru untuk membantu wali kelas untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Sedangkan di Ma’had Islami, apabila permasalahan yang dialami siswa tidak mampu diselesaikan wali kelas. Masalah tersebut ditangani oleh Kepala Madrasah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IE

Publisher

Subject

Education

Description

Islamic Education is a peer-reviewed journal published by the Medan Resource Center. The journal aims to publish scientific articles covering various topics in the field of Islamic Education, including history, pedagogy, Islamic studies, Teaching & Learning in Islam, Philosophy of Education in ...