Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat

Model Ruang Penyimpanan Makanan Berbasis PLC sebagai Media Pembelajaran Aplikasi Instrumentasi dan Automasi

Duwi Hariyanto (Institut Teknologi Sumatera)
Sabar Sabar (Institut Teknologi Sumatera)
Kisna Pertiwi (Institut Teknologi Sumatera)
Aidil Afriansyah (Institut Teknologi Sumatera)
M. Rizky Hikmatullah (Institut Teknologi Sumatera)
La Ode Arham (Institut Teknologi Sumatera)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2023

Abstract

Media pembelajaran sangat penting, terutama untuk mengenalkan dunia industri pada pendidikan kejuruan. Proyek ini bertujuan untuk merancang dan mendemonstrasikan model ruang penyimpanan makanan berbasis programmable logic controller (PLC) untuk meningkatkan pemahaman siswa SMK tentang aplikasi instrumentasi dan automasi di industri. PLC, sebagai perangkat kontrol utama dalam model, dapat mengontrol pintu dan kelembapan ruang penyimpanan. Komponen lain dalam model ini meliputi catu daya, sensor kelembapan, pemanas, kipas, dan pintu. Proyek dilaksanakan dengan penyampaian materi melalui presentasi, praktek pemrograman, dan mengoperasikan PLC secara berkelompok. Peserta diajarkan cara memprogram PLC berbasis diagram tangga menggunakan perangkat lunak Zelio Soft 2. Pemahaman peserta, siswa SMK N 2 Bandar Lampung diukur untuk mengetahui tingkat ketercapaian proyek. Hasil menunjukkan bahwa pemahaman peserta tentang aplikasi instrumentasi dan automasi di industri meningkat rata-rata 64% dari sebelum pelatihan dilaksanakan. Learning media is very important, mainly to introduce the industrial world in vocational education. The project purposed to design and demonstrate a programmable logic controller (PLC) based food storage room model to increase the comprehension of SMK students about instrumentation and automation applications in industry. PLC, as the main control device in the model, can control the door and the humidity of the storage room. Other components in the model include the power supply, humidity sensor, heater, fan, and door. The project was carried out by delivering material through presentations, practising programming, and operating PLC in groups. Participants were taught how to program a ladder diagram-based PLC using Zelio Soft 2 software. The comprehension of the participants, students of SMK N 2 Bandar Lampung, was measured to determine the level of project achievement. The results revealed that the comprehension of participants about instrumentation and automation applications in the industry increased by an average of 64% from before the training was carried out.

Copyrights © 2023