Department of Naval Architecture
Vol 11, No 2 (2023): April

Analisis Kekuatan Tarik, Kekuatan Puntir, Kekerasan Dan Sturktur Mikro Baja AISI 1045 Setelah Dilakukan Proses Quenching Sebagai Alternatif Gearbox Kapal Perikanan

Dendy Setiawan (Department of Naval Architecture, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
Untung Budiarto (Department of Naval Architecture, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
S Samuel (Department of Naval Architecture, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2023

Abstract

Gearbox ialah sebuah komponen penting di bagian kapal yang sering disebut dengan istilah transisi dengan fungsi memindahkan serta membantu mengubah tenaga motor yang berputar menjadi pemutar spindel mesin dengan gerakan feeding. Material yang dapat digunakan sebagai gearbox kapal adalah baja  AISI 1045. Tujuan quenching pada penelitian ini untuk mengetahui nilai tegangan tarik, puntir, kekerasan dan struktur mikro dari material tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quenching dengan  variasi suhu 650o, dan 850 o. Pengujian tarik menggunakan standar ASTM E8, pengujian puntir menggunakan standar ASTM E143. Hasil pengujian tersebut mendapatkan hasil bahwa kekuatan tarik paling baik yaitu 2506.63 Mpa pada suhu 850o, kekuatan puntir terbaik yaitu 1148.24 Mpa pada suhu 850 o, dan angka kekerasan terbaik yaitu 505.63 VN pada suhu 850 o. Manfaat dari penelitian ini adalah menjelaskan bahwa proses quenching menunjukkan peningkatan nilai pada suhu 850 dan terjadi penurunan di suhu 650 pada nilai kuat tarik. Perubahan struktur mikro terjadi pada material setelah dilakukan perlakuan. Perubahan tersebut menunjukkna struktu mikor yang merata setelah proses quenching. Analisa FEM terhadap raw material yang dilakukan dapat menghasilkan nilai error dibawah 5%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

naval

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Jurusan Teknik Perkapalan yang berisi artikel karya ilmiah mahasiswa program Sarjana Teknik Perkapalan universitas ...