Faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap proses pemerolehan kosakata pada anak usia 1-2 tahun. Melalui faktor lingkungan itu anak dapat menggali pengetahuan berbahasanya dalam masa perkembangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor lingkungan dalam pemerolehan kosakata yang diujarkan anak usia 1-2 tahun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian psikolinguistik. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode linguistik sinkronis, yaitu penelitian bahasa yang dilakukan dengan mengamati fenomena suatu bahasa pada suatu kurun waktu tertentu, jadi bersifat deskriptif atau biasa disebut deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pada adik nusaibah yang baru berumur 1 tahun 10 bulan memperoleh jumlah kosakata yang lebih banyak dibandingkan dari anak seusianya. Hal ini ditunjukan dengan jumlah kosakata yang diperoleh sebanyak 150 kata. Proses pemerolehan bahasa anak dapat dipengaruhi dari faktor luar dan dari faktor dalam diri anak itu sendiri.
Copyrights © 2021