GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 7, No 1 (2023): Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

THE EFFECT OF HEAD OF PAUD SUPERVISION, TEACHER PARTICIPATION IN TEACHER WORK GROUP ON TEACHER PERFORMANCE THROUGH PLAY GROUP TEACHER PROFESSIONAL COMPETENCE

Halidah Halidah (Universitas Lambung Mangkurat)
Sulaiman Sulaiman (Universitas Lambung Mangkurat)
Aslamiah Aslamiah (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
10 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh: (1) Supervisi kepala PAUD, Partisipasi guru dalam Kelompok Kerja Guru, kompetensi profesional dan kinerja guru; (2) supervisi PAUD  terhadap kinerja,; (3) partisipasi guru dalam Kelompok Kerja Guru terhadap kinerja guru; (4) kompetensi profesional terhadap kinerja guru; (5) supervisi kepala PAUD terhadap kompetensi profesional; (6) partisipasi guru dalam Kelompok Kerja Guru terhadap kompetensi profesional; (7) supervisi kepala PAUD terhadap kinerja guru melalui kompetensi profesional; dan (8) Pengaruh partisipasi guru dalam Kelompok Kerja Guru terhadap kinerja guru melalui kompetensi profesional. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif dalam menguji pengaruh antar variabel. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 79 orang guru. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis dengan uji normalitas, uji linieritas, heterokedastisitas dan uji autokorelasi. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengaruh: (1) Supervisi kepala PAUD dan kompetensi professional berada dalam kategori sedang, pada partisipasi dalam Kelompok Kerja Guru dan kinerja guru berada dalam kategori tinggi; (2) supervisi kepala PAUD terhadap kinerja sebesar 0,276; (3) partisipasi dalam Kelompok Kerja Guru terhadap kinerja guru sebesar 0,294; (4) kompetensi profesional terhadap kinerja guru terhadap 0,314; (5) supervisi kepala PAUD terhadap kompetensi professional terhadap 0,267; (6) partisipasi dalam Kelompok Kerja Guru terhadap kompetensi professional sebesar 0,220; (7) supervisi kepala PAUD terhadap kinerja melalui kompetensi professional sebesar 0,084; dan (8) partisipasi dalam Kelompok Kerja Guru terhadap kinerja guru melalui kompetensi profesional sebesar 0,069.Keywords: Supervisi, Kelompok Kerja Guru, Kompetensi Profesional, Kinerja

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

golden_age

Publisher

Subject

Education

Description

This journal is managed by the Early Childhood Education Teacher Education Study Program which focuses on research results related to early childhood education. This journal is published 2 (two) times a year, in June and ...