JURNAL ECONOMINA
Vol. 2 No. 3 (2023): JURNAL ECONOMINA, Maret 2023

ANALISIS PERAN INDEPENDENSI DAN KOMPETENSI TERHADAP KEMAMPUAN AUDITOR DALAM PENCEGAHAN DAN PENDEKTESIAN KECURANGAN AKUNTANSI (FRAUD)

Kusdianti Fatimah (Universitas Tidar)
Octavia Lhaksmi Pramudyastuti (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat mengetahui peran independensi dan kompetensi yang dimiliki auditor terhadap kemampuan auditor dalam pencegahan dan pendeteksian kecurangan (fraud) akuntansi. Penelitian ini adalah penelitian berjenis kualitatif dengan menggunakan pendekatan metode literature review. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang telah dianalisa agar dapat dikembangkan untuk menjabarkan permasalahan penelitian. Bedasarkan hasil analisis penelitian, Hubungan keterkaitan antara peran independensi dan kompetensi oleh seorang auditor dalam pencegahan dan pendeteksian kecurangan (fraud) memiliki keterkaitan yang besar. Seorang auditor diharapkan memiliki dan meningkatkan independensi dan kompetensi maka dapat memudahkan seorang auditor melakukan pencegahan dan pendeteksian kecurangan (fraud). Semakin banyak peran independensi dan kompetensi yang dimiliki oleh seorang auditor maka semakin besar peluang dalam pendeteksian kecurangan (fraud).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

economina

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL ECONOMINA (JE) is a peer-reviewed journal which publishes original research papers. ECONOMINA has been published since 2022. It is currently published every month a year with e-ISSN: 2963-1181. The Digital Object Identifier (DOI) is assigned to each published article and the journal is ...