Jurnal Karajata Engineering
Vol 3 No 1 (2023): 2023

ANALISIS KETERSEDIAAN LAHAN TERBUKA HIJAU BAGI PERTUMBUHAN PENDUDUK DI KECAMATAN TEMPE KAB.WAJO MENGGUNAKAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

Winda Ramadhani (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Mustakim Mustakim (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Abd Muis (Universitas Muhammadiyah Parepare)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2023

Abstract

Kabupaten Wajo memiliki pola penyebaran permukiman cukup merata yang mengisi keseluruhan ruang di wilayah tersebut, Banyaknya pembangunan dapat mempengaruhi ketersediaan ruang terbuka hijau yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketersediaan dan kecukupan ruang terbuka hijau terhadap jumlah penduduk di wilayah tersebut. Waktu pengambilan data dilakukan selama 3 bulan terhitung dari bulan Februari-April 2022. Metode penelitian yang digunakan dalam yaitu metode deskriptif kuantitatif serta dengan analisis teknik Sistem Informasi Geografis dan penginderaan jauh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ruang Terbuka Hijau di Kecamatan Tempe pada tahun 2021 sebesar 310,92 ha, sedangkan pada tahun 2022 mengalami perubahan sebesar 147,04 ha. Upaya untuk menambah keberadaan Ruang Terbuka Hijau adalah dengan memaksimalkan potensi lahan yang ada, seperti menambah penghijauan pada beberapa luas jalan lokal dan di sepanjang sempadan sungai di kawasan tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

karajata

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

JURNAL KARAJATA ENGINEERING adalah jurnal ilmiah pada bidang Teknik Sipil yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Parepare. Jurnal KARAJATA ENGINEERING berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian pada bidang Teknik Sipil yang mencakup bidang penelitian Struktur, ...