Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Special Issue: Pedagogy in Indonesia

Keterampilan Abad 21 pada Buku Teks Bahasa Indonesia pada Kelas 11 Terbitan Kemdikbud

Pitri Susanti (Unknown)
Muhammad Mukhlis (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2023

Abstract

Era abad 21 tidak sama dengan abad sebelumnya, utamanya perihal teknologi yang begitu mutakhir,oleh sebab teknologi mutakhir itu aneka macam informasi bisa dengan mudah dan cepat dapat jangkau yang tidak mengenal tempat dan waktu.Beragam keterampilan abad 21 diperlukan supaya tak ketinggalan oleh perkembangan pesat teknologi dan pengetahuan. Penelitian ini memiliki tujuan yakni mengetahui dan mendeskripsikan Keterampilan Abad 21 Buku Teks Bahasa Indonesia Pada Kelas 11 Terbitan Kemdikbud. peneliti memakai pendekatan campuran antara kualitatif dan kuantitatif atau mixed methods serta memakai metode analisis isi/konten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam buku Teks Bahasa Indonesia Pada Kelas 11 Terbitan Kemdikbud untuk siswa SMA/SMK Kelas XI. Buku Teks ini berjudul “Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia SMA/SMK Kelas XI” telah memuat keterampilan abad 21 yaitu keterampilan berpikir kreatif, berpikir kritis dan pemecahan masalah, berkomunikasi, dan berkolaborasi, yang tersebar dalam setiap kegiatan pembelajaran. Jumlah keseluruhan muatan keterampilan abad 21 berjumlah sebanyak 148 muatan dengan keterampilan yang paling banyak yaitu keterampilan berkolaborasi dengan jumlah 53 muatan (35,8%).Hal ini bahwa buku teks menyediakan area yang besar untuk siswa dalam upaya pengembangan keterampilan berpikir kreatif, kritis dan inivatif, kolaboratif dan komunikatif. Keteramplan-keterampilan itu dicita-citakan akan menolong siswa dalam mengarungi masa depan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan (P-ISSN:1858-4497, E-ISSN: 2549-9300) is a scholarly journal aimed to provide a platform for both established and early-career researchers. This journal accepts research-based papers from the fields of Teaching and Learning; Language and Literacy Education; and ...