Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 1 (2023): Januari - April 2023

Identification of critical thinking skills in mathematics students of class VIII SMPN 61 West Jakarta

Gesti Marsaulina Br. Pakpahan (Universitas Negeri Jakarta)
Tian Abdul Aziz (Universitas Negeri Jakarta)
Lukita Ambarwati (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2023

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kecakapan berpikir tingkat tinggi. Kompetensi ini dibutuhkan untuk mendukung siswa dalam berpikir dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Diperlukan identifikasi awal mengukur kemampuan berpikir kritis siswa untuk dapat menjadi acuan dalam merancang model atau strategi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika pada materi lingkaran, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampPemilihan subjek penelitian didasari oleh hasil observasi peneliti terhadap masalah yang ada di lapangan yang kemudian didiskusikan dengan guru mata pelajaran. Hasil pekerjaan siswa ditelaah dengan mengacu pada indikator kemampuan berpikir kritis yang telah ditetapkan oleh peneliti, yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa berada pada kriteria rendah, dengan kata lain kemampuan berpikir kritis siswa belum memenuhi indikator yang optimal, yaitu interpretasi sebesar 38,24%; analisis sebesar 49,02%; evaluasi sebesar 47,3%; dan inferensi sebesar 26,47%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project or literature review in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in ...