Kegiatan Menghafal dengan metode menggabungkan media gambar dengan kartu huruf dimaksudkan untuk mempermudah anak mengingat simbol huruf dengan membandingkan media gambar yang dilihat, sehingga meningkatkan belajar Menghafal pada anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan belajar Menghafal melalui metode menggabungkan media gambar dengan kartu huruf pada Siswa MTS Negeri Sidoarjo, juga untuk mengetahui langkah-langkah metode menggabungkan media gambar dengan suku kata dapat meningkatkan belajar Menghafal Pada Siswa MTS Negeri Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan satu siklus terdiri atas empat langkah yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah Siswa MTS Negeri Sidoarjo yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 6 perempuan dan 9 laki-laki. Pada penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan hasil pra siklus sebanyak 34% yang bisa Menghafal, pada siklus I ada peningkatan menjadi 60%, karena capaian keberhasilan harus 80% maka dilakukan siklus II sehingga terjadi peningkatan 93%. Dari hasil penelitian di atas maka metode menggabungkan media gambar dengan suku kata dapat meningkatkan belajar Menghafal pada Siswa MTS Negeri Sidoarjo. Disarankan pada penelitian selanjutnya untuk lebih inovatif dan kreatif sehingga menjadikan suasana belajar yang menyenangkan dan kondusif dalam rangka meningkatkan minat Menghafal pada anak.
Copyrights © 2022