PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 6 No. 02 (2023): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Pembelajaran Berbasis Alam pada Anak Usia Dini

Suratmi (universitas PGRI Palembang)
Syarwani Ahmad (Universitas PGRI Palembang)
Melinda Puspita Sari Jaya (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung setelah dilakukan melalui pembelajaran berbasis alam anak usia 5-6 tahun di KB Pelangi. Lokasi penelitian dilaksanakan di KB Pelangi alamatnya di Jl. Serda Canis LK. 1 Talang Ilir RT.03 RW.01, Kelurahan Sukamoro, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin. Adapun populasi berjumlah 71 anak dan sampel penelitiannya anak kelompok B khususnya di kelas B2 yang berjumlah 14 anak dimana terdapat 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan dengan rentang usia antara 5-6 tahun. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan model penelitian tindakan menurut Kemmis and Taggart yang berfokus pada kemampuan berhitung anak. Hasil penelitian tentang kemampuan menulis permulaan anak di siklus I memperoleh rata-rata tingkat capaian perkembangan (TCP) skor 10 dikategori mulai berkembang. Selanjutnya terlihat di siklus I skor rata-rata tingkat capaian perkembangan (TCP) kemampuan berhitung anak memperoleh skor 30,93 dan di prasiklus skornya 20,93 hal ini menunjukkan adanya peningkatan. Sedangkan di siklus II kemampuan berhitung keseluruhan anak sebesar 41,64 dikategori berkembang sangat baik. Sehingga di siklus II terjadi peningkatan sebesar 10,71. Sehingga disimpulkan pada akhir siklus II, penelitian dikatakan berhasil karena kriteria keberhasilan sudah tercapai sesuai kesepakatan peneliti bersama kolabolator.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

paud-lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

PAUD Lectura is a journal published by PG-PAUD FKIP Lancang Kuning University. This Journal as a scientific media for research study of lecturers, students and other researchers related to early childhood education. This journal is published periodically twice a year, in October and April. The ...