SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 3 No. 1 (2023)

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KIMIA MATERI HIDROKARBON MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 6 SMA NEGERI 2 KUTA

NENGAH MUKASARI (SMAN 2 Kuta)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2023

Abstract

This research is a Classroom Action Research (CAR) with the Kemmis and Mc Taggart models which were carried out in two research cycles. This study aims to increase students' understanding of Hydrocarbon material in class XI MIPA 6 at SMA Negeri 2 Kuta Badung through the application of discovery learning models. The subjects of this study were students in class XI MIPA 6 at SMA Negeri 2 Kuta Badung Odd Semester for the 2022/2023 academic year, which consisted of 30 students. Data collection techniques in this study used a test for understanding chemistry. The indicator of the success of this study was more than 70% of students' activeness and 85% of students achieving KKM of 65. The results showed that through the application of the Discovery Learning learning model it could increase students' understanding of Chemistry on Hydrocarbons material. This can be seen from the increase in class average scores and student learning completeness. The average class value in cycle I was 73.83, and cycle II was 80.50. Student completeness as measured by cognitive competency tests in cycle I was 86.67%, and cycle II was 90.00%. This means that there is an increase from cycle I to cycle II of 6.67% in the average value of students and an increase in student mastery of 3.33%. ABSTRAKPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Hidrokarbon kelas XI MIPA 6 di SMA Negeri 2 Kuta Badung melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 2 Kuta Badung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes untuk pemahaman Kimia. Indikator keberhasilan penelitian ini sebesar lebih dari 70% keaktifan siswa dan 85% siswa mencapai KKM sebesar 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan pemahaman Kimia peserta didik pada materi Hidrokarbon. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dan ketuntasan belajar siswa. Rata-rata nilai kelas pada siklus I sebesar 73,83, dan siklus II sebesar 80,50. Ketuntasan belajar siswa yang diukur dengan tes kompetensi kognitif pada siklus I sebesar 86.67%, dan siklus II sebesar 90.00%. Hal ini berarti ada peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 6,67% pada nilai rata-rata siswa dan peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 3,33%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...