Duconomics Sci-meet (Education & Economics Science Meet)
Vol 2 (2022): Implementing Education and Economic Standard Throughout ASEAN Nations

Problematika Pembelajaran IPS di Indonesia

Sri Wiliah Ningtiasih (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu. Perkembangan zaman yang semakin maju menuntut terjadinya perubahan dalam kurikulum demi mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Perkembangan ini juga berdampak dalam beberapa mata pelajaran, salah satunya yaitu pembelajaran IPS. Perubahan tersebut menyebabkan munculnya berbagai masalah dalam proses pembelajarannya, terlebih unruk pembalajan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Berdasarkan hal tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang terdapat dalam pembelajaran IPS di Indonesia, terlebih untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, sehingga hasil yang diperoleh dapat dijabarkan dan dapat dengan mudah dipahami. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diidentifikasi empat permasalahan yakni perilaku disruptif siswa, kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran, guru kurang memahami materi di luar bidang ilmunya serta metode pembelajaran yang kurang variatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

duconomics

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The Education and Economics Science Meet (Duconomics Sci-meet) is a national scientific meeting in the fields of education and economics held under the auspices of the Center for the Study of Economics (Puskanomi), Indraprasta University PGRI, Jakarta. This event includes seminars, call for papers, ...