Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu. Perkembangan zaman yang semakin maju menuntut terjadinya perubahan dalam kurikulum demi mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Perkembangan ini juga berdampak dalam beberapa mata pelajaran, salah satunya yaitu pembelajaran IPS. Perubahan tersebut menyebabkan munculnya berbagai masalah dalam proses pembelajarannya, terlebih unruk pembalajan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Berdasarkan hal tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang terdapat dalam pembelajaran IPS di Indonesia, terlebih untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, sehingga hasil yang diperoleh dapat dijabarkan dan dapat dengan mudah dipahami. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diidentifikasi empat permasalahan yakni perilaku disruptif siswa, kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran, guru kurang memahami materi di luar bidang ilmunya serta metode pembelajaran yang kurang variatif.
Copyrights © 2022