Jurnal Teknologi Informasi
Vol 1, No 2 (2022): Oktober

Perancangan Sistem Pengambilan Keputusan Penerima Program Bantuan Keluarga Miskin (PBKM) Menggunakan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process)

sanusi sanusi (Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Teuku Umar)
Andri Teja Kusuma (Universitas Abulyatama)
Juniana Husna (Universitas Abulyatama)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2022

Abstract

Program Bantuan Keluarga Miskin (PBKM) adalah program pemerintah dalam mengentaskan kemiskin dalam bentuk bantuan dan pemberdayaan masyarakat miskin. Proses pemilihan warga dalam penerima PBKM dari pihak Desa Karang Anyar Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh selama ini masih menggunakan cara konvensional, sehingga cara tersebut setelah diamati sering terjadi permasalahan yaitu kriteria-kriteria warga yang disurvei tidak sesuai dengan ketentuan yang diharapkan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan Perancangan Sistem Pengambilan Keputusan Untuk Menentukan Penerima Program Bantuan Keluarga Miskin (PBKM) Menggunakan Metode AHP (Analitical Hierarchy Process). Metode perancangan perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode waterfall dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Kriteria yang digunakan berupa ekonomi keluarga, jumlah keluarga, pekerjaan kepala keluarga dan beban daya listrik. Hasil penelitian diperoleh bahwa aplikasi yang telah dibangun dapat memberikan kemudahan bagi pihak pemerintahan Desa dalam menentukan penerima bantuan dengan cara cepat, sistematis, terstruktur dan terarah serta dapat memudahkan kinerja petugas dalam menghasilkan laporan keputusan penerima bantuan keluarga miskin pada kantor Desa Karang Anyar Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JTI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknologi Informasi (JTIf) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar sejak Tahun 2022. Jurnal ini sebagai media publikasi naskah-naskah penelitian terbaik bagi peneliti yang sesuai dengan bidang keahliannya atau sub-bidang ...