eProceedings of Engineering
Vol 5, No 3 (2018): Desember 2018

Penerapan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Pada Perusahaan Manufaktur Menggunakan Itil Versi 3 Domain Service Strategy Studi Kasus: Pt Albasia Nusa Karya

Muhammad Syahid Irawan (Telkom University)
Rd. Rohmat Saeduddin (Telkom University)
Rokhman Fauzi (Telkom University)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

Abstrak Layanan adalah bagian yang dibutuhkan dalam dunia IT dan bisnis. Layanan memiliki kerentanan yang tidak dapat diprediksi. IT Service Management merupakan metode pendukung utama dalam optimalisasi manajemen layanan menggunakan InfrastructureTechnology Information Library (ITIL) Versi 3. Penelitian dengan judul “Penerapan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Pada Perusahaan Manufaktur Menggunakan ITIL Versi 3 Domain Service Strategy Studi Kasus: PT Albasia Nusa Karya” mengkaji tentang kurang sadarnya dan peran penting dalam penerapan manajemen layanan pada perusahaan PT Albasia Nusa Karya karena belum berjalannya divisi prasarana & IT yang berdampak kepada pekerjaan tiap divisi menjadi tidak terkendali. Maka dari itu dilakukan penelitian menggunakan metode pengumpulan data yang diataranya adalah dengan melakukan metode wawancara dan observasi, sampai hasil analisis penelitian ini berupa analisis risiko, analisis prioritas risiko serta penerapan People, Process, Product. Analisis risiko dan analisis prioritas risiko menggunakan Readiness Assessment untuk mengetahui kondisi eksisting PT Albasia Nusa Karya. Kata kunci : IT Service Management (ITSM), InfrastructureTechnology Information Library (ITIL), Service Strategy, Analisis Risiko, Prioritas Risiko, Readiness Assessment. Abstract Service is a necessary part of the IT and business world. The service has unpredictable vulnerabilities. IT Service Management is the main support method in optimizing service management using InfrastructureTechnology Information Library (ITIL) Version 3. Research entitled "Implementation of Information Technology Service Management in Manufacturing Company Using ITIL Version 3 Domain Service Strategy Case Study: PT Albasia Nusa Karya" lack of consciousness and an important role in the implementation of service management at PT Albasia Nusa Karya company because of the lack of IT infrastructure & IT division that impacted the work of each division became uncontrollable. Therefore, the research used data collection method which is by doing interview and observation method, until the result of this research analysis is risk analysis, risk priority analysis and application of People, Process, Product. Risk analysis and risk priority analysis using Readiness Assessment to know the existing condition of PT Albasia Nusa Karya. Keywords: IT Service Management (ITSM), InfrastructureTechnology Information Library (ITIL), Service Strategy, Risk Analysis, Risk Priority, Readiness Assessment.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...