Journal of Instructional Development Research
Vol. 2 No. 1 (2020): Journal of Instructional Development Research

Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap Hasil Belajar Matematika

Fitri Siti Octaviani (Universitas Indraprasta PGRI)
Faiza Faiza (SMA Negeri 1 Mepanga, Sulawesi Tengah)
Leonard Leonard (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 20 Jakarta. metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperiment, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian berupa tes pilihan ganda. Pengujian persyaratan analisis data terdiri dari uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher, diperoleh simpulan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, dan hasil uji-t menunjukkan bahwa pada taraf signifikasi 5% dan derajat kebebasan (dk=38) yang berarti , maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat dikatakan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan mengggunkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar matematika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jidr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

The scope of this journal encompasses, but not limited to: Methods of teaching: In ancient times the learners were passive listeners but now they actively participate with the teacher in the process of education. So, the skill and proficiency of different teaching methods need to be developed. ...