eProceedings of Engineering
Vol 6, No 2 (2019): Agustus 2019

Sistem Pemandu Latihan Individual Adaptif Menggunakan Tautan Anotasi (link Annotation) Dan Pemandu Langsung (direct Guidance)

Julia Julia (Telkom University)
Dade Nurjanah (Telkom University)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2019

Abstract

AbstrakDalam pembelajaran sudah tidak asing lagi istilah latihan bagi siswa. Latihan tersebut ditujukan untukmeningkatkan pengetahuan siswa setelah diberi materi dalam kelas. Pada saat ini, latihan bagi para siswasebagian besar masih dilakukan dengan metode konvensional, yaitu dengan menyamaratakan setiap soalbagi siswa. Hal ini dianggap tidak terlalu efektif karena sebenarnya setiap siswa memiliki tingkatpengetahuan yang berbeda sehingga penyamarataan pemberian latihan dianggap kurang efisien.Sebelumnya terdapat teknologi dimana semua soal ditampung dalam suatu sistem dan siswa bebas untukmemilih soal mana yang akan dikerjakan. Namun hal ini juga masih mempunyai kekurangan yaitu darisekian banyak soal yang ada, sistem tidak dapat memberi rekomendasi pada siswa mengenai soal manayang sebaiknya dikerjakan terlebih dahulu.Pada tugas akhir ini telah dibangun sebuah sistem latihan adaptif dengan tujuan membantu siswa dalamberlatih lebih baik dari latihan konvensional dengan nama Learning Crane. Dengan adaptasi ini, sistemdapat memberi rekomendasi pada siswa mengenai soal mana yang sebaiknya dikerjakan terlebih dahuluberdasarkan tingkat pengetahuan siswa saat ini. Sistem ini mempunyai domain model yang berkaitandengan topik dan sistem navigasi adaptasi tautan anotasi dan langsung. Pengujian atas sistem dilakukanuntuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pengetahuan atau tidak. Pengujian melibatkan respondenmahasiswa dan kalangan umum. Dari pengujian, didapatkan hasil peningkatan pengetahuan respondendengan rata-rata sebesar 6. Selain itu, dari hasil kuesioner yang diberikan, didapatkan kesimpulan bahwasistem Learning Crane dengan teknologi adaptasinya membantu siswa lebih baik daripada metodekonvensional.Kata kunci : Learning Crane, adaptasi langsung, adaptasi anotasiAbstractThe term student’s exercise is not rare to be found in our education system. The exercise has aim to increasethe knowledge of the students after they got the material needed from class. Today, most of student’sexercise is still done by conventional method, that is by giving same questions to each student. The methodis not really effective since each student has different knowledge level thus giving same questions to eachstudent is considered as inefficient. There was a technology where all of exercise’s questions are collectedand put in a system and students are free to choose which question they want to answer. But the system stillhas weakness that is among all of those questions, system can’t give recommendation to student about whichquestion needed to be answered first. In this final project, an adaptive system had been build which has goalto help student exercising better than conventional method called Learning Crane. With the adaptationfeature, system can give recommendation to students about which questions needed to be done first base onstudent’s current knowledge level. This system is build using topic-based domain model with link annotationand direct guidance as the adaptive system. A test was held to determine whether the system affect theknowledge level of respondence which consist of students and general public. Based on the test result, theaverage of knowledge score raise is 6. Meanwhile based on questionnaire given, Learning Crane with itsadaptive technology is better than conventional method is drawn as conclusion.Keywords: Learning Crane, link annotation adaptive system, direct guidance adaptive system

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...