eProceedings of Engineering
Vol 6, No 2 (2019): Agustus 2019

Analisis Kepuasan Pelanggan Dan Usulan Perbaikan Website Semuatereview Menggunakan Metode Analisis Faktor

Haikal Munawar Fikri (Telkom University)
Budi Praptono (Telkom University)
Boby Hera Sagita (Telkom University)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk menilai efek langsung dan tidak langsung dari kualitas desain situs website Semuatereview dan kualitas layanannya terhadap penilaian kepuasan para pelanggan dan penjual produk, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepercayaannya pada jenis penyedia jasa review produk. Efek langsung dan tidak langsung dari penilaian tersebut adalah kunci utama untuk membuat urutan prioritas perbaikan website Semuatereview. Penelitian ini menerapkan metode survei, di mana kuesioner dibagikan kepada total 120 responden. Data diperoleh dan dikumpulkan dari hasil penyebaran kuisioner yang menggunakan Skala Likert. Pada kuisoner tersebut terdiri dari perntanyaan yang dikembangkan dari konsep WebQual sebagai landasan penilaian kualitas desain website. Data kemudian dianalisis menggunakan metode analisis faktor konfirmatori (CFA). Berdasarkan hasil analisis data, terungkap bahwa kualitas desain situs website Semuatereview dan kualitas layanannya memiliki dampak positif pada penilaian kepuasan para pelanggan dan penjual produk, baik secara langsung maupun tidak langsung. Maka dari hasil penilaian kepuasan pelanggan terhadap kualitas desain website Semuatereview ini, diperoleh urutan prioritas untuk melakukan perbaikan. Kata kunci: WebQual, Skala Likert, Analisis Faktor, Analisis Faktor Konfirmatori, Kepuasan Pelanggan Abstract This research was conducted to assess the direct and indirect effects of Semuatereview website design quality and service quality on satisfaction ratings of product customers and sellers, both directly and indirectly through their trust in the types of product review service providers. The direct and indirect effects of the assessment are the main keys to prioritizing the website repairs in Semuatereview. This study applied a survey method, in which questionnaires were distributed to a total of 120 respondents. Data obtained and collected from the results of the distribution of questionnaires using a Likert Scale. The questionnaire consisted of questions developed from the WebQual concept as a basis for evaluating the quality of website design. Data were then analyzed using confirmatory factor analysis (CFA). Based on the results of data analysis, it was revealed that the quality of the website design review and the quality of its services had a positive impact on the satisfaction of customers and sellers of products, both directly and indirectly. Then from the results of customer satisfaction assessment on the quality of the website design Semuatereview, obtained the order of priority to make improvements. Keywords: WebQual, Likert Scale, Factor Analysis, Confirmatory Factor Analysis, Customer Satisfaction

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...