eProceedings of Engineering
Vol 6, No 2 (2019): Agustus 2019

Analisis Implementasi Metode Ucd Dalam Perancangan Sistem Pembelajaran Bahasa Ekspresif Untuk Digunakan Terapis Wicara Terhadap Penyandang Sindrom Asperger

Zaid Mukhtar (Telkom University)
Anisa Herdiani (Telkom University)
Emil R. Kaburuan (Telkom University)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2019

Abstract

Abstrak Sindrom Asperger adalah sebuah kelainan yang menunjukan keunikan perilaku, cara berpikir, danberkomunikasi. Mereka memiliki kesulitan dalam melakukan komunikasi, membaca bahasa tubuh, sulit untukmemahami emosi dan juga mengungkapkan emosi, permasalahan ini akan mengganggu dalam kehidupanpenyandang Asperger apabila tidak ditanggulangi sejak dini. Penanggulangan yan dapat dilakukan adalah berupaterapi, terapi yang dilakukan guna memperbaiki dan mengembangkan kemampuan komunikasi adalah berupaterapi wicara. Dengan seiringnya perkembangan teknologi yang ada bermunculan teknologi yang dapatmembantu aktivitas terapi wicara yang dilakukan, akan tetapi masih sedikitnya teknologi yang dikembangkankhusus untuk mendampingi aktivitas terapi wicara menjadi perhatian utama, apakah proses pengembanganteknologi untuk penyandang Sindrom Asperger dan terapi wicara memiliki kendala, ataukah metodepengembangan teknologi yang digunakan masih belum sesuai, Pada penelitian ini dilakukan pengembangansistem pembelajaran Bahasa ekspresif untuk digunakan terapis wicara terhadap penyandang sindrom Aspergersaat aktivitas terapi dilakukan, pengembangan sistem menggunakan metode User Centered Design (UCD) yaitumetode pengembangan dimana pengguna utama dari sistem adalah pusat dari proses pengembangan, metode inimenempatkan kebutuhan dan evaluasi pengguna di posisi yang sangat penting. Peneliti bertujuan untukmenganalisis apakah metode UCD merupakan metode yang tepat digunakan dan juga melihat faktor Usabilitynya pada pengguna terapis dan penyandang Sindrom Asperger. Hasil yang dicapai adalah berupa prototypesistem/aplikasi pembelajaran bahasa ekspresif yang dapat digunakan terapis wicara kepada penyandang sindromAsperger, setelah di evaluasi memiliki hasil kriteria usability yang bagus dan dapat membantu aktivitas terapissaat terapi dilakukan Kata kunci: Sindrom Asperger, User Centered Design, UsabilityAbstractAsperger's Syndrome is a disorder that shows the uniqueness of behavior, ways of thinking, and communicating. They have difficulties in communicating, reading body language, it is difficult to understand emotions and alsoexpress emotions, these problems will interfere in the life of the person with Asperger if it is not addressed early.Mitigation that can be done is in the form of therapy, the therapy is speech therapy. therapy is carried out todevelop the ability of people with Asperger's Syndrome to communicate with other individuals and to make twowaycommunication that are difficult task for people with Asperger's Syndrome. With the development ofexisting technology, emerge technology that can help speech therapy activities, but there still a few technologythat are developed specifically to accompany speech therapy activities is a major concern, whether thetechnology development process for people with Asperger's Syndrome and speech therapy has obstacles, ormethods the development of the technology used is still not appropriate? In this study, the development of anexpressive language learning system for speech therapists with Asperger's syndrome when therapy activities arecarried out, system development uses the User Centered Design (UCD) method, which is the developmentmethod where the main user of the system is the center user needs and evaluation in a very important position.The researcher aimed to analyze whether the UCD method was the right method to use and also looked at itsUsability factor for therapist users and those with Asperger's Syndrome. The results achieved are in the form of asystem prototype / application of expressive language learning that can be used by speech therapists towardpersons with Asperger's syndrome, after evaluation has the results of good usability criteria and can help thespeech therapy activities Keywords: Asperger's Syndrome, User Centered Design, Usability

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...