Kelemahan dalam memberikan informasi kepada siswa seringkali terjadi pada saat pelaksanaan proses pembelajaran. Seharusnya melalui proses pembelajaran siswa dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan atau sikap baru memulai interaksi dengan informasi dan lingkungan. Penelitian yang berjudul judul “ Upaya Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Volly Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri No 030307 Tigalingga” . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setting penelitian terdiri dari tempat, waktu penelitian dan siklus PTK, yang menjadi subjek penelitian ialah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi tersebut dilakukan observasi terhadap keaktifan siswa dari angket. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan terhadap keaktifan siswa mencapai kategori baik berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Dari tes evaluasi awal diperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 56,5 dan ketuntasan kelas 0%, pada hasil ulangan harian siklus pertama nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan yaitu 62,0 dan ketuntasan kelas 30%, pada siklus kedua nilai rata-rata kelas 73,1 dan ketuntasan kelas 70% pada siklus ketiga nilai rata-rata kelas 76,8 dan ketuntasan kelas 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada materi permainan bola volley di kelas meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SD Negeri No.030307 Tigalingga pada passing bawah permainan bola volly.
Copyrights © 2023