Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 3 No 1 (2023): Vol. 3 No. 1 Edisi Februari 2023

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PECAHAN UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN NO 030307 TIGALINGGA

Rupina Sohma Ukur Lingga (Sekolah Dasar Negeri (SDN) 030307 Tigalingga Dairi)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2023

Abstract

Pembelajaran kooperatif lebih menekankan interaksi antar Peserta didik. Dari sini peserta didik akan melakukan komunikasi aktif dengan sesama temannya. Melalui komunikasi tersebut siswa diharapkan termotivasi dalam belajar, dengan komunikasi tersebut peserta didik diharapkan lebih cepat menguasai materi pelajaran karena peserta didik mudah memahami penjelasan dari teman sebayanya dibandingkan penjelasan dari gurunya, karena bahasa dan cara penyampaiannya lebih sesuai dengan dan sepadan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penerapan pembelajaran kooperatif dalam pecahan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN No 030307 Tigalingga. Dan bagaimana cara penerapannya? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak tiga Siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan repleksi. Sasaran penelitian adalah siswa kelas V SDN No 030307 Tigalingga. Data yang diperoleh berupa hasil tes, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis ditemukan bahwa penerapan pembalajaran kooperatif dalam pecahan dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa siswa kelas V SDN No 030307 Tigalingga, dan model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran matematika oleh guru-guru lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...