Perkembangan teknologi pada kendaraan berbasis energi listrik begitu pesat, dapat khususnya sepeda listrik. Pengembangan dan peningkatan jumlah kendaraan listrik menuntut sumber daya manusia yang terampil dan kompeten pada bidang sepeda listrik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran sepeda listrik yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran elektronika daya. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan ADDIE yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media pembelajaran yang dihasilkan berupa alat peraga sepeda listrik portabel yang telah diuji kelayakannya menggunakan angket oleh dua ahli media dengan skor 3,13 (layak) dan pada pengujian dua ahli materi memperoleh skor 3,17 (layak). Hasil uji pada pengguna dengan jumlah 14 responden menunjukkan pada aspek kelayakan media diperoleh skor rata-rata 3,19 (layak) dan aspek kelayakan materi diperoleh skor 3,28 (Sangat layak). Hasil pengujian ahli maupun pengguna dapat diinterpretasikan bahwa alat peraga sepeda listrik portabel dapat digunakan dalam pembelajaran elektronika daya.
Copyrights © 2023