Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 3, Nomor 1 Maret 2023

Bentuk Penilaian Sikap Dalam Pembelajaran Sosiologi Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Atasa Negeri 1 Luwuk

Muh Juliansyah (Universitas Negeri Makassar)
A.Octamaya Tenri Awaru (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan bentuk penilaian sikap dalam pembelajaran sosiologi selama pembelajaran dimasa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Luwuk, 2) Kesulitan yang dialami guru ketika melakukan penilaian sikap selama pembelajaran sosiologi dimasa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Luwuk, dan 3) faktor penghambat ketika melakukan penilaian sikap pada pembelajaran sosiologi dimasa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Luwuk. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian berjumlah 4 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan guru yang telah mengajar mata pelajaran sosiologi dan telah disertifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data dengan menggunakan member check. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan bentuk penilaian sikap yang dilakukan guru sosiologi pada pembelajaran di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Luwuk yaitu: Penilaian observasi secara daring dan Penilaian diri sendiri melalui google formulir. 2) Kendala yang dialami guru dalam melakukan penilaian sikap pada pembelajaran sosiologi dimasa pandemi covid-19 diantaranya: Keterbatasan fasilitas belajar, Jaringan internet, dan Pertemuan dengan peserta didik. 3) Faktor penghambat diantaranya: Kurangnya kerja sama orang tua/wali, waktu belajar yang tidak maksimal, dan tidak adanya guru sarjana pendidikan sosiologi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...