UMKM di Desa Cimulang Kecamatan Rancabungur Bogor berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Permasalahan yang dihadapi adalah tidak mampu meningkatkan perluasan target pasar. Untuk memperluas target pasar maka perlu dilakukan pemasaran online, salah satu syarat pemasaran online adalah penguatan konten, termasuk penguatan identifikasi dan diferensiasi produk guna memperoleh positioning yang kuat di industri sejenis. Merek dan kemasan merupakan upaya untuk mengidentifikasi dan membedakan merek produk sehingga identifikasi dan pembeda tersebut dapat tersampaikan ke pasar yang lebih luas dan dapat memasuki persepsi konsumen. Berdasarkan hal tersebut maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan, konsultasi, pendampingan manajemen merek dan kemasan UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas sehingga dapat meningkatkan kinerjanya. Narasumber pelatihan, dan konsultasi selain dosen dari Universitas Mercu Buana juga dosen dari Universiti Malaysia Terengganu. Setelah pelatihan dilaksanakan, dilakukan pendampingan, dan hasil pelatihan menunjukkan antusias peserta (UMKM) untuk membenahi merek dan kemasan sesuai dengan target pasar yang ditetapkan.
Copyrights © 2023