Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan sikap guru dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMK Negeri 1 Sukawati kelas X1 Tahun ajaran 2020/2021. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa metode kuesioner dan metode dokumentasi. Analisis data yang menggunakan SPSS 20. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa antara variabel Lingkungan Sekolah (X1) dengan variabel Prestasi Belajar Siswa (Y) siswa memiliki nilai t hitung = 9,627 > t tabel = 1,99 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 maka hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa variabel Lingkungan Sekolah (X1) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap variabel Prestasi Belajar Siswa (Y) siswa Perhitungan menunjukkan bahwa antara variabel Sikap Guru (X2) dengan variabel Prestasi Belajar Siswa (Y) siswa memiliki nilai t hitung = 3,074 > t tabel = 1,99. Hal ini dapat disimpulkan bahwa variabel Sikap Guru(X2) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap variabel Hasil Belajar Siswa .Berdasarkan nilai Adjusted R Square adalah sebesar 0,522 yang artinya sebesar 52,5% variabel Prestasi Belajar Siswa (Y) dipengaruhi oleh Lingkungan Sekolah (X1) dan Sikap Guru (X2), sedangkan sisanya sebesar 47,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain
Copyrights © 2023