Basis : Jurnal Ilmiah Matematika
Vol 2 No 1 (2023): BASIS: Jurnal Ilmiah Matematika

Klasifikasi Batubara Berdasarkan Jenis Kalori dengan Menggunakan Perbandingan Jarak Euclid, Jarak Manhattan, dan Jarak Minkowski pada Algoritma Modified K-Nearest Neighbor (Studi Kasus: PT. XYZ Samarinda)

Neni Rahayu (Universitas Mulawarman)
Wasono Wasono (Lab Matematika Komputasi, Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Mulawarman)
Fidia Deny Tisna Amijaya (Lab Matematika Komputasi, Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Metode Modified K- Nearest Neighbor (MK-NN) merupakan perbaikan dari metode K-NN yang dapat mengatasi permasalahan outlier. Perhitungan nilai akurasi pada MK-NN dengan menambahkan perhitungan nilai fungsi validitas dan weight voting digunakan untuk meningkatkan nilai akurasi rendah pada K-NN. Penelitian ini membandingkan tiga jarak yang sering digunakan dalam K-NN, yaitu Euclid, Manhattan dan Minkowski. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengklasifikasian batubara berdasarkan jenis kalori dan tingkat akurasi jarak terbaik dari klasifikasi pada metode MK-NN. Data yang digunakan adalah data batubara PT. XYZ Tahun 2017 dengan menggunakan 7 variabel bebas yaitu Total Moisture (TM), Moisture (M), Ash, Volatile Matter (VM), Fixed Carboni (FC), Total Shulpur (TS) dan Gross Calorific Value (GCV). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga jarak yang dibandingkan jarak Manhattan memiliki tingkat akurasi yang paling baik yaitu sebesar 100%, sedangkan jarak Euclid sebesar 92% dan jarak Minkowski sebesar 52%, hasil akurasi terbaik pada MK-NN tersebut diperoleh ketika bernilai 1 pada proporsi 80%:20%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Basis

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Basis: Jurnal Ilmiah Matematika is an open access journal providing publication in the area which focuses on mathematical sciences. Authors are invited to submit articles that have not been published previously and are not under consideration elsewhere. Areas of interest in analysis, algebra, ...