JURNAL PETIK
Vol 9, No 1 (2023): Vol 9 No 1 Maret 2023

Penerapan Metode Blended Learning Pada Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Di Kelas X SMK TI ZAMIGA

Andrian Suwitri (Universitas PGRI Padang)
Sofia Edrianti (Universitas PGRI Padang)
Ami Anggraini Samudra (Universitas PGRI Padang)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2023

Abstract

Abstrak —Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar Dasar Desain Grafis lebih baik dengan menerapkan Penerapan Metode Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dasar Desai Grafis Di Kelas X SMK TI ZAMIGA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK TI ZAMIGA tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas control. Instrument penelitian ini adalah tes akhir berbentuk objektif. Teknik analisis data tes akhir menggunkan uji t satu pihak. Berdasarkan analisis tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh t hitung = 3,11 lebih besar dari table = 1,67 dan dapat simpulkan hasil belajar Dasar Desain Grafis siswa dengan menerapkan metode Blended Learning lebih baik dari pada hasil belajar Dasar Desain Grafis denggan menggunakan metode blended learning.Kata Kunci— Hasil Belajar Desain Grafis, Metode Blended Learning. Abstract — This study aims to determine whether the basic learning outcomes of graphic design are better by applying the application of the blended learning method to student learning outcomes in the basic material of graphic design in class X SMK TI ZAMIGA. This research is an experimental study with a random research design on the subject. The population of this research is the students of class X SMK TI ZAMIGA in the academic year 2022/2023. The sampling technique was done randomly, with class XA as the experimental class and class XB as the control class. The instrument of this research is the final test in the form of an objective. The final test data analysis technique uses a one-sided t-test. Based on the analysis of the final test, it is known that the two classes of samples are normally distributed and homogeneous. The results of hypothesis testing obtained t arithmetic = 3.11 is greater than table = 1.67 and it can be concluded that students' learning outcomes of Basic Graphic Design by applying the Blended Learning method are better than the results of learning Basic Graphic Design using the blended learning method.Keywords— Graphic Design Learning Outcomes, Blended Learning Method.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

petik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada ...