PeTeKa
Vol 6, No 2 (2023): PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN UNSUR-UNSUR WARNA DALAM DESAIN GRAFIS DI SMK NEGERI 1 KOTO BARU

Andes Pratama (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Alam, Universitas PGRI Sumatera Barat)
Adlia Alfiriani (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Alam, Universitas PGRI Sumatera Barat)
Anggri Yulio Pernanda (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Alam, Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2023

Abstract

Permasalahan yang ada pada pokok bahasan unsur-unsur warna dalam desain grafis di SMK Negeri 1 Koto baru, belum tersedianya media pembelajaran berbasis gamifikasi, siswa belajar menggunakan modul yang di bagikan sehingga siswa sulit untuk memahami materi saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan 4-D(Four D). Subjek penelitian ini berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert. Teknik analisis data dalam pengembangan media pembelajaran interaktif adalah kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata uji validitas media sebesar 87.77% dengan kategori sangat valid, validitas materi sebesar 92.30% dengan kategori sangat valid.  Dapat disimpulkan bahwa dari hasil validasi ahli media dan ahli materi media pembelajaran interaktif dapat dinyatakan sangat valid. Uji praktikalitas media pembelajaran berbasis gamifikasi dari data pratikalitas guru dan peserta didik sebesar 84,81% dengan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan respon guru dan peserta didik untuk media pembelajaran interaktif sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

PeTeka - Represents the Publication of Research Results from Lecturers, Teachers, Students and General in the field of Educational Science Special Class Action Research and Development Learning. Published by Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) University of Muhammadiyah South ...