Marinade
Vol. 6 No. 01 (2023): Marinade

PROFIL ASAM AMINO DAN ASAM LEMAK IKAN LUNDU (Macrones gulio)

wulandari ()Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Peternakan, Universitas Jambi, Muaro Jambi, 36361, Indonesia)
Susi Lestari (Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sriwijaya, Indralaya, 30862, Indonesia)
Mutiara Mutiara (Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sriwijaya, Indralaya, 30862, Indonesia)
Herpandi Herpandi (Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sriwijaya, Indralaya, 30862, Indonesia)
Dwi Inda Sari (Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sriwijaya, Indralaya, 30862, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2023

Abstract

Ikan lundu merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di dasar perairan (demersal), termasuk ke dalam jenis catfish. Informasi kandungan gizi pada ikan merupakan hal yang sangat penting untuk dikaji. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan komposisi asam amino, asam lemak dan mineral (kalsium dan fosfor) ikan lundu (Macrones gulio). Metode yang digunakan dalam peneilitian ini adalah eksperimental laboratorium, dengan 4 taraf perlakuan yaitu ikan utuh (whole), fillet dengan kulit, kepala, dan sirip dan tulang. Parameter yang diamati dalam kegiatan penelitian ini antara lain profile asam amino, profile asam lemak dan mineral. Hasill penelitian menunjukkan asam amino pada bagian utuh, kepala, serta tulang dan sirip tertinggi adalah glisin dan pada bagian fillet dengan kulit adalah asam glutamat. Komposisi asam amino terendah pada setiap bagian tubuh ikan sama yaitu asam amino hisitidin. Jumlah asam lemak pada preparasi utuh sebanyak 26 jenis asam lemak. Bagian fillet dengan kulit sebanyak 28 jenis asam lemak. Pada kepala sebayak 36 jenis asam lemak dan pada bagian tulang dan sirip sebanyak 38 jenis asam lemak. Kandungan Kalsium dan fosfor tertinggi terdapat pada perlakuan tulang dan sirip serta perlakuan kepala, sedangkan kandungan terendah terdapat pada perlakuan fillet daging dan kulit.

Copyrights © 2023