INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Vol 6 No 1 (2023): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science

Analisis Pengaruh Digital Sales Promotion Terhadap Minat Beli Pengguna Gopay

Deka Septa Nora Lisa (Universitas Sriwijaya)
Endang Lestari Ruskan (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2023

Abstract

PT. Karya Anak Bangsa atau Gojek Indonesia menyediakan layanan dompet digital atau yang lebih dikenal Gopay yang berfungsi untuk melayani transaksi pengguna guna mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sales promotion melalui social media terhadap minat beli pengguna dengan menyebarkan kuisioner kepada followers akun @gopayindonesia. Penelitian ini menggunakan metode SEM PLS dengan bantuan aplikasi SmartPls yang melalui beberapa tahapan yaitu dengan melakukan pengujian outer model (validitas dan uji reliabilitas) dan pengujian inner model yang digunakan untuk mengetahui pengaruh hubungan antar konstruk dan dilanjutkan dengan menentukan hipotesis menggunakan analisis jalur yaitu dengan path coefficient. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu, sales promotion berpengaruh secara langsung terhadap minat beli, social media marketing berpengaruh secara langsung terhadap minat beli, dan sales promotion berpengaruh terhadap minat beli melalui social media marketing. Kata Kunci : Sales Promotion, Social Media, Minat Beli, dan Dompet Digital

Copyrights © 2023