Jurnal Kelautan Nasional
Vol 18, No 1 (2023): APRIL

Studi Empiris Konsep Sistem Akuntansi Manajemen Strategis untuk Mendukung Program Blue Economy (Studi Kasus Program Satu Data Kementerian Kelautan dan Perikanan)

Dhina Arriyana (Ministry of Marine Affairs and Fisheries)
Agustin Fadjarenie (Universitas Mercu Buana Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Laut sangat penting bagi perekonomian dan kesejahteraan Indonesia. Namun, ekosistem laut dan pesisir Indonesia serta nilai ekonominya semakin berkurang karena penangkapan ikan yang berlebihan, degradasi hutan bakau, dan terumbu karang, serta sampah laut. Hal ini menjadi tantangan bagi Program Ekonomi Biru. Tindakan pertama untuk mengatasi tantangan ini adalah meningkatkan sistem pengumpulan data dan pengukuran sumber daya kelautan dan perikanan. Studi ini mengkaji konsep sistem akuntansi manajemen strategis seperti Integrasi, Aksesibilitas, dan Fleksibilitas data pada Kualitas Sistem Akuntansi Manajemen. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan pendekatan sensus. Kami mengumpulkan data melalui kuesioner kepada 60 pegawai yang menangani data dan sistem informasi pada unit kerja lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia. Studi ini menemukan bahwa Integrasi, Aksesibilitas, dan Fleksibilitas data berdampak positif terhadap Kualitas Sistem Akuntansi Manajemen. Hasil ini menyiratkan kebutuhan mendesak untuk peningkatan infrastruktur digitalisasi data yang baik agar dapat memberikan informasi yang dapat diandalkan mengenai investasi nasional dan pengambilan kebijakan kelautan dan perikanan kepada pemerintah Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkn

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science

Description

Jurnal Kelautan Nasional (JKN) ISSN 1907-767X, e-ISSN 2615-4579 adalah jurnal yang diterbitkan oleh Pusat Riset Kelautan, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM), Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pusat Riset Kelautan (Pusriskel) adalah nomenklatur baru, sejak tahun 2017, untuk Pusat ...