Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA
Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kreatif Bagi Guru SD di Kota Ambon

Marleny Leasa (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura. Jl. Ir. M. Putuhena Kampus Poka Ambon, 97233, Maluku Indonesia)
Johanes Pelamonia (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura. Jl. Ir. M. Putuhena Kampus Poka Ambon, 97233, Maluku Indonesia)
Melvie Talakua (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura. Jl. Ir. M. Putuhena Kampus Poka Ambon, 97233, Maluku Indonesia)
John Rafafy Batlolona (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura. Jl. Ir. M. Putuhena Kampus Poka Ambon, 97233, Maluku Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2023

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini memiliki tujuan utama untuk menghasilkan produk berupa perangkat dan instrumen evaluasi berorentasi keterampilan berpikir kreatif. Selama ini guru sulit memberdayakan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada siswa karena desain dan pola pembelajarannya masih tradisional berbasis pencapaian kognitif tingkat rendah. Pada sisi lain, guru terbatas dalam mengikuti berbagai kegiatan yang menunjang peningkatan kinerja dan profesinya termasuk informasi tentang kompetensi dan keterampilan dalam membelajarkan siswa sesuai dengan kebutuhan zaman. Kegiatan ini juga bertujuan menumbuhkan dan melatih keterampilan berpikir kreatif siswa SD. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah dan workshop, yang melibatkan tim sebagai narasumber. Ceramah terkait dengan konten pelatihan berupa prinsip desain perangkat pembelajaran. Konten dan prosedur ini dilakukan untuk mentransmisikan pengetahuan atau wawasan peserta sebelum dilatih, sedangkan workshop bertujuan untuk melatih keterampilan peserta untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir kreatif. Hasil pretes dan posttes yang dicapai oleh peserta menunjukkan adanya peningkatan keterampilan peserta dalam mendesain perangkat pembelajaran dan evaluasi pembelajaran sebesar 39,2%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI) |e-ISSN: 2655-5263| merupakan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dan penerapan Ipteks yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam ...