MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 9 No 2 (2022): Juni

Penguatan Literasi Al-Qur’an Menggunakan Metode Qiroati di Madrasah Ibtidaiyah

Irfan Azim (Institut Elkatarie, Lombok, Nusa Tenggara Barat)
Safinah Safinah (institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur)
Lailatul Sakdiah (Institut Elkatarie, Lombok, Nusa Tenggara Barat)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan literasi Al-Qur’an menggunakan Metode Qiroati di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data diperoleh dengan, pertama; observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari hasil perolehan data dan deskripsi data yang sudah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode qiroati berjalan dengan baik, karena seluruh langkah-langkah, metode, dan sistemnya sudah diterapkan dengan sempurna.. Metode Qiorati dapat menguatkan literasi Al-Qur’an di MI Miftahul Ulum berdasarkan pada proses pembelajaran Al-Qur’an yang mendekankan pada kefasihan dan kecakapan siswa dalam melafazkan huruf hijaiyah.

Copyrights © 2022