Agrowisata Danau Laet merupakan wisata pertama yang mengembangan konsep agrowisata di Kabupaten Sanggau. Pengunjung berfluktuasi, salah satu penyebabnya pemasaran yang belum dilakukan secara optimal. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pelaksanaan teknik survey, dan wawancara secara mendalam sebagai metode pengambilan data. Tujuan penelitian menganalisis dan merumuskan alternatif strategi pemasaran yang dilihat dari kondisi lingkungan internal dan eksternal berdasarkan komponen bauran pemasaran 7P, kemudian dilakukan analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukan bahwa strategi pemasaran Agrowisata Danau Laet berada pada posisi kuadran I (Strenght Opportunities). Alternatif strategi SO yang dapat diterapkan pengelola (SO1) Meningkatkan peran Pokdarwis dalam menjalin kerja sama dengan pemerintah Kabupaten Sanggau dan pihak investor. Agrowisata Danau Laet agar lebih mengikuti tren agrowisata yang semakin berkembang; (SO2) Meningkatkan pengetahuan pengelola tentang agrowisata dengan mengikuti program pelatihan secara intensif; (SO3) Mengoptimalkan penggunaan media promosi dengan cara memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk perluasan pemasaran Agrowisata Danau Laet agar lebih dikenal masyarakat; (SO4) Membangun kemitraan dengan pihak jasa usaha untuk menambah nilai jual Agrowisata Danau Laet dalam bentuk kerja sama untuk pengadaan paket wisata.Â
Copyrights © 2023