AGRIPEAT
Vol. 24 No. 1 (2023): JURNAL AGRIPEAT

PENENTUAN REKOMENDASI DOSIS PUPUK N P K TUNGGAL SPESIFIK LOKASI PADA TANAMAN PADI SAWAH TADAH HUJAN: (Determination Of Location-Specific Single N P K Fertilizer Dosage Recommendations In rainfed lowland rice)

Latifa, Nafiya (Unknown)
Budianta, Dedik (Unknown)
Ayu, Ieke Wula (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2023

Abstract

Tanaman padi (Oryza sativa L.) merupakan komoditas yang cukup esensial di dunia. Di Indonesia, tanaman padi merupakan tanaman pangan primer dengan angka minat yang tinggi. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan penurunan nilai produktivitas tanaman padi salah satunya adalah rendahnya kadar hara N, P, K tanah. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hara N, P, K adalah dengan pemberian pupuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan hara dan beberapa sifat kimia tanah serta menghitung kebutuhan pupuk pada spesifik lokasi di lahan sawah Desa Talang Padang Kecamatan Talang Padang Kabupaten Empat Lawang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah survey tingkal detail dengan bantuan peta skala 1:25.000. Sampel tanah yang diambil sebanyak 5 sampel tanah yang kemudian dianalisis sifat kimia tanahnya di laboratorium. Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah N-Total, P tersedia, K-dd, pH, C-organik dan KTK tanah. Hasil analisis N Total tergolong rendah hingga sedang, P Tersedia tergolong sangat rendah hingga sedang, K-dd tergolong sedang, pH tanah tergolong sangat masam hingga masam, C-Organik tergolong sangat rendah hingga rendah dan KTK tanah tergolong sedang. Dari hasil analisis ketersediaan hara maka didapatkan rekomendasi dosis pemupukan N P K pada spesifik lokasi penelitian untuk tanaman padi adalah dosis pupuk Urea berkisar antara 93,19 kg ha-1 – 144,42 kg ha-1, dosis pupuk SP-36 sebanyak 8,22 kg ha-1 pada lokasi sampel D dan dosis pupuk KCl berkisar antara 90,37 kg ha-1 – 110,46 kg ha-1.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

AGP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Engineering

Description

Jurnal Agripeat, ISSN 1411-6782, E-ISSN 2620-6935 yang diterbitkan dua kali dalam satu Tahun ( Bulan Maret dan Bulan ...