Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 7 No 3 (2022): Volume 7 No.3 Tahun 2022

Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP Bermuatan Karakter Melalui In House Training Di SD Negeri 01 Taman Kota Madiun Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023




Article Info

Publish Date
07 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menindaklanjuti hasil kegiatan supervisi akademik(2) Memaparkan peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP yang bermuatan karakter. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang dilakukan di SDN 01 Taman semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah guru-guru SDN 01 Taman dengan jumlah 18 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian tindakan sekolah ini adalahinstrumentelaah RPP dan instrumen keterlaksanaan in house training yang dilakukan di setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan in house training dengan tema penyusunan RPP yang memuat karakter berupa aktivitas kepala sekolah dan guru sebagai berikut: (a) Aktivitas kepala sekolah dalam menyelenggarakan in House Training yaitu menjelaskan tahapan pelaksanaan in house training, pelatihan di tempat sendiri dalam penyusunan RPP berkarakter meliputi, persiapan, pelaksanaan, pengamatan, monitoring dan evaluasi hasil kegiatan pada indikator guru memahami konsep RPP yang bermuatan karakter.serta refleksi, sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menjalankan pekerjaannya dengan mengoptimalkan potensi-potensi yang ada dalam penyusunan RPPyang bermuatan karakter. (b) aktivitas guru dalam mengikuti in house training penyusunan RPP yang bermuatan karakter. (2) Ada peningkatan capaian rata- rata kompetensi guru dalam menyusun RPPyang bermuatan karaktermelalui in house training dengan kenaikan rata-rata nilai capaian guru dari siklus I ke siklus II yaitu dari 74,5 menjadi 85,7; nilai tertinggi juga meningkat dari 81,9 menjadi 95, 8 di siklus ke II; nilai terendah meningkat dari 66,7 menjadi 76 dan jumlah guru yang tuntas dengan memiliki capaian kategori baik meningkat dari 7 menjadi 16 guru tuntas sehingga hal ini mempengaruhi ketuntasan keseluruhan pada siklus I sebesar 39% meningkat 89% pada siklus ke II. Kesimpulan penelitian tindakan sekolah ini adalah ada peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP bermuatan karakter melalui in house training.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...