Jurnal Nusantara Berbakti
Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Nusantara Berbakti

Pendampingan Pemasaran Produk UMKM Memanfaatkan Media Sosial Instagram dan Tiktok

Abdul Rozaq (Universitas PGRI Madiun)
Inung Diah Kurniawati (Universitas PGRI Madiun)
Yessi Yunitasari (Universitas PGRI, Madiun)
Latjuba Sofyana STT (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2023

Abstract

Perkembangan teknologi membawa dampak yang signifikan bagi para pelaku UMKM. Sehingga, mau tidak mau, pelaku UMKM harus menyesuaikan diri dengan pemasaran yang dulunya secara konvensional dan beralih ke online. Secara teknis pendampingan kegiatan pemasaran produk UMKM secara digital berbeda dengan yang sudah dilakukan oleh pelaku UMKM di Desa Kajang sebelumnya. Manfaat kegiatan pengabdian ini selain melakukan pendampingan dan sosialisasi pemasaran produk secara digital sebagai bahan dalam meningkatkan penjualan produk dan memperluas pangsa pasar dengan cara pemanfaatan branding foto produk secara digital marketing. Dari 15 pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan ini, memperlihatkan 87% UMKM telah memiliki dan memanfaatkan media sosial untuk kegiatan pemasaran produknya. Adapun yang belum memanfaatkan media social karena hanphone yang dimiliki tidak support.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jnb

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mechanical Engineering Social Sciences

Description

Pengabdian masyarakat Focus dan Scope pada bidang pendidikan, Hukum, Ekonomi, Humaniora, Teknik, Pertanian, Komunikasi, Kesehatan, dan Rekayasa. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat ...