Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada hubungan yang signifikan antara interaksi teman sebaya dengan disiplin belajar siswa kelas XI SMA Negeri Binaan Khusus Dumai Riau. Penelitian ini menggunakan satu variabel bebas yaitu interaksi teman sebaya dan satu variabel terikat yaitu disiplin belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 287 siswa dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 74 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket dan dianalisis menggunakan uji normalitas, linieritas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi teman sebaya dengan disiplin belajar diperoleh nilai korelasi rhitung -0,469 > rtabel 0,351 pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan berada diantara 0, 40 hingga 0,599 dalam kategori hubungan sedang. Terdapat hubungan yang signifikan bernilai negatif antara variabel interaksi teman sebaya dengan disiplin belajar. Interaksi teman sebaya merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi disiplin belajar.
Copyrights © 2023