Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia
Vol 6, No 1 (2023)

Ambon City of Music Identity Based on Local Wisdom

Noviawan Rasyid Ohorella (Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya No. 100, Depok 16424 – Indonesia)
Edy Prihantoro (Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya No. 100, Depok 16424 – Indonesia)
Tri Wahyu Retno Ningsih (Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya No. 100, Depok 16424 – Indonesia)
Susilowati Dyah K (Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya No. 100, Depok 16424 – Indonesia)
Emilianshah Banowo (Akademi Komunikasi Radio dan Televisi Jakarta Jl. Cakung Cilincing Tim, Pulo Gebang, Cakung, Jakarta 13950 - Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2023

Abstract

Kota Ambon dikenal sebagai destinasi wisata bahari, budaya, dan musik. Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) musikal masyarakat Kota Ambon yang dikenal dengan ciri khas musik tradisionalnya membuat UNESCO menetapkan Ambon sebagai kota musik. Label kota musik inilah yang menjadikan identitas bermusik masyarakat Kota Ambon beragam dan ini merupakan bagian dari pengembangan kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan menganalisis identitas kearifan lokal dalam pengembangan dan pengelolaan Ambon sebagai kota musik. Teori dalam penelitian ini adalah teori difusi inovasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan FGD. Hasil penelitian yang didapatkan adalah kota musik Ambon tidak hanya sebatas identitas kota tetapi merupakan wujud dari keunikan musik masyarakat Ambon dan juga nilai kearifan musik berbasis tradisi yang dikemas dengan berbagai genre lagu. Kota musik Ambon juga mewakili berbagai elemen, baik musisi maupun lagu dan alat musik yang ada. Momentum Ambon sebagai kota musik dunia semakin memperkenalkan bahwa identitas masyarakat Ambon adalah music, dan musik di Ambon tidak hanya sebatas karya tetapi merupakan bagian dari mediasi perdamaian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

WartaISKI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. As a scientific ...