Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 7 No 1 (2023)

BAYANGAN KONSEP SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

Nur Hasanah Syarief (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Agustin Fatmawati (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Uke Ralmugiz (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bayangan konsep siswa pada materi pola bilangan berdasarkan kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah dua siswa kelas VIII yang dipilih berdasarkan kemampuan matematikanya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi memiliki bayangan konsep yang sesuai dengan konsep matematika atau konsep pola bilangan. Namun, bayangan konsep siswa berkemampuan rendah tidak sesuai dengan konsep matematika pola bilangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...