Jurnal Teknik Kimia
Vol 29 No 1 (2023): Jurnal Teknik Kimia

Kemampuan cangkang telur sebagai adsorben untuk meningkatkan baku mutu air limbah laundry (air deterjen)

Siti Salamah (Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Ahmad Dahlan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia)
Ilham Mufandi (Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia)
Arida Ayu Krismawati (Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Ahmad Dahlan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia)
Saniyah Humairrah (Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Ahmad Dahlan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2023

Abstract

Limbah laundry banyak mengandung zat surfactant yang dihasilkan dari sabun, detergen dan zat kimia lain. limbah laundry perlu dilakukan penanganan terlebih dahulu sebelum dibuang ke lingkungan untuk mengurangi kadar surfactant. Salah satu teknologi yang efektif digunakan adalah proses adsorpsi. Fokus penelitian ini adalah menguji kemampuan adsorben yang diperoleh dari cangkang telur untuk meningkatkan mutu baku air limbah laundry (air deterjen). Metode penelitian yang dilakukan adalah membuat karbon aktif dari cangkang telur sebagai adsorben dengan mencuci bersih cangkang telur kemudian dikeringkan dalam oven selama 1 jam pada suhu 110 °C. Cangkang telur kemudian dihaluskan dan dimasukan kedalam furnace dalam waktu 2 jam pada suhu 600 °C. Karbon aktif diaktivasi menggunakan H3PO4 4N. Tahapan akhir adalah melakukan uji karakteristik meliputi luas permukaan spesifik, volume pori, dan diameter pori. Hasil penelitian diketahui bahwa adsorben memiliki luas permukaan spesifik 11,037 m2/g, diameter pori 6,550 nm dan volume pori 0,049 cc/g. Limbah laundry yang telah diadsorpsi menggunakan variabel berat dan waktu menghasilkan limbah laundry dengan penurunan kadar TDS) sebesar 7,79 %, TSS sebesar 67,82 %, COD sebesar 59,69 %, BOD sebesar 44,16 %, deterjen sebesar 84,6 %. Pengujian mutu baku air laundry dan kemampuan daya serap adsorben telah dijelaskan pada penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtk

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Energy Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Teknik Kimia merupakan publikasi tulisan ilmiah hasil riset dan pengalaman lapangan di bidang Teknik Kimia, mulai dari prinsip dasar atau fundamental sampai pada penerapan/aplikasinya di industri. Jurnal Teknik Kimia dalam versi cetak telah diterbitkan sejak tahun 1996. Jurnal Teknik Kimia ...