AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menyimak peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang rendah dan berada di bawah KKM. Hal ini membuat penulis ingin mengetahui peningkatan menyimak dengan mengajukan model problem solving berbantuan media Quizlet dalam peningkatan kemampuan menyimak drama. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti tentang penerapan model problem solving berbantuan media Quizlet dalam peningkatan kemampuan menyimak drama. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik SMA Kebangsaan tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas model Kemmis Taggart. Prosedur dalam penelitian terbagi menjadi 2 siklus. Pada siklus pertama, tindakan pembelajaran menerapkan model problem solving serta media Quizlet. Pada siklus kedua sama seperti pelaksanaan siklus satu. Setelah dilakukan siklus I dan II, hasil menunjukkan perbandingan yang berbeda yaitu adanya peningkatan kemampuan dalam menyimak. Pada prasiklus diperoleh hasil nilai rata-rata 69, siklus I dengan nilai rata-rata 73, serta pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,3 maka dapat disimpulkan dari prasiklus ke siklus I terjadi peningkatan 41 % dan terjadi peningkatan signifikan yaitu 49 % pada siklus II. Berdasarkan hasil, menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menyimak peserta didik setelah dilakukan penerapan model problem solving dan Quizlet.Kata Kunci: Problem solving; Menyimak drama; Quizlet.
Copyrights © 2023