Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengukur tingkat penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan 2020/2021 tahun pertama kuliah (2) mengidentifikasikan item instrumen tingkat penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan yang capaian skornya rendah dan sangat rendah (3) mengetahui faktor yang paling berpengaruh dalam penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan 2020 dengan jumlah responden 88 orang. Pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri dengan 38 item yang valid dan memiliki indeks reliabilitas Alpa Cronbach sebesar 0.840. Skala disusun berdasarkan 2 aspek yaitu penyesuaian pribadi dan penyesuaian sosial. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif yang mengacu pada norma kategorisasi dengan kriteria sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Hasil penelitian: (1) berdasarkan skor mengukur tingkat penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan 2020 yaitu 50% dengan kategori sedang, 6,9% dengan kategori sangat tinggi, 29,5% dengan kategori tinggi, 13,6% dengan kategori rendah dan 0% dengan kategori sangat rendah.(2) dari hasil perhitungan skor item, diperoleh 5 item kategori rendah dan 2 item kategori tinggi yang digunakan sebagai dasar untuk merumuskan usulan topik-topik bimbingan pribadi-sosial untuk meningkatkan penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan 2020 (3) faktor yang paling mempengaruhi dalam penyesuaian diri mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta angkatan 2020 yaitu kemauan dan kemampuan, lingkungan sekitar, dan keadaan psikologis
Copyrights © 2022