BINOMIAL : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Binomial

PENERAPAN MODEL SPJBL BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH DAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA

Nurul Fajryani Usman (Universitas Negeri Gorontalo)
Nur Mustaqimah (Universitas Negeri Gorontalo)
Nurhayati Nurhayati (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model SPjBL berbasis sumber daya lokal terhadap kemampuan penalaran ilmiah dan pemecahan masalah mahasiswa. Penelitian menggunakan kuasi eksperimental dengan desain pretest posttest nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 54 mahasiswa yang menempuh mata kuliah Struktur Perkembangan Tumbuhan II semester gasal tahun ajaran 2019/2020 di Universitas Negeri Malang. Data hasil implementasi dianalisis dengan menggunakan uji analisis kovarian (Anakova) satu jalur. Instrumen yang digunakan adalah tes esai penalaran ilmiah dan tes esai pemecahan masalah yang telah divalidasi. Hasil analisisdata menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model SPjBL berbasis sumber daya lokal terhadap kemampuan penalaran ilmiah, dan pemecaham masalah mahasiswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

binomial

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Binomial adalah jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros yang mempublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiah dalam pengembangan ilmu biologi dan pendidikan. Terbit Edisi Maret dan Edisi ...