Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas
Vol 8, No 3 (2023): AL-IKHLAS JURNAL PENGABDIAN

PENINGKATAN KESADARAN PATUH MEMINUM OBAT BAGI PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS SUNGAI JINGAH

Dahlia Syahrina (Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lambung Mangkurat)
Difa Intannia (Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lambung Mangkurat)
Bethy Nurhayaty Sidauruk (Puskesmas Sungai Jingah)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Hipertensi menjadi salah satu penyakit kronik yang menjadi masalah global yang memerlukan perhatian khusus. Prevalensi hipertensi di Kalimantan Selatan menduduki peringkat pertama di Indonesia. Kepatuhan konsumsi obat dalam mengontrol tekanan darah pasien hipertensi merupakan hal yang sangat penting untuk mengendalikan progresifitas penyakit, masih terdapat pasien yang memiliki tingkat kepatuhan rendah dalam mengkonsumsi obat antihipertensi, khususnya pada pasien lanjut usia. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pasien hipertensi melalui edukasi mengenai pentingnya mengkonsumsi obat dengan rutin dan menjaga pola hidup sehat. Promosi kesehatan ini dilakukan menggunakan metode ceramah, sasaran kegiatan yaitu pasien di Puskesmas Sungai Jingah dan pasien posyandu lansia di Kelurahan Surgi Mufti. Kegiatan dilaksanakan di puskesmas Sungai Jingah dan Posyandu Lansia di Kelurahan Surgi Mufti, dilakukan pretest dan posttest sebagai proses evaluasi kegiatan. Sejumlah 41 pasien terlibat dalam kegiatan ini, terdiri dari 34 wanita dan 7 laki-laki. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap pemahaman peserta tentang kepatuhan minum obat hipertensi. Terjadi peningkatan pada nilai rata-rata pretest dan postest sebesar 30%, dimana nilai rata-rata nilai pretest (67,82%) dan posttest (97,82 %). Edukasi kepada  sasaran meningkatkan pengetahuan mengenai hipertensi dan cara penggunaan obatnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

AIJP

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Health Professions Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal UNISKA bersama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari setiap 2 tahun sekali, ...